Roti Manis

10.38 0 Comments A+ a-


Bagaimana sih cara membuat roti manis yang empuk dan juga lezat. Tentunya dalam pembuatan roti manis kita tak ingin gagal karena roti manis itu keras dan juga rasanya enak.  Berikut ini akan kita berikan tips bagaimana membuat sebuah roti manis yang empuk dan juga beras enak,

Yang pertama yaitu perhatikan terlebih dahulu bahan – bahan yang akan kita gunakan. Biasanya untuk roti manis pastilah menggunakan gandum sebagai bahan baku utama yang tak boleh ketinggalan. Sebelum menggunakan tepung terigu ada baiknya kita mengayaknya dahulu sebelum dipakai dan jangan sampai lupa untuk melakukan penimbangan sesuai dengan resep yang kita gunakan. Dan tak lupa juga kita menambahkan mentega, dalam pembuatan roti manis jika menggunakan mentega tawar itu berarti garam dalam resep tersebut tetap dipakai. Tetapi jika kita sudah menggunakan garam yang asin sebaiknya jangan menambahakan garam lagi. Nah, untuk air gunakan air yang sudah masak ya dengan diberi tyambahan es supaya dingin dan tunggu air itu sampai menjadi dingin

Selain bahan, hal lain yang patut untuk diperhatikan ialah alat –alat yang akan kita gunakan. Yang pertama adalah mixer. Dalam menggunkan mier sebaiknya kita cek terlebih dahulu dengan teliti tingkatan kecepatan pada speed  mixer. Ikuti tahapan pengadukkan adonan agar memperoleh adonan yang maksimal. Khusus untuk bahan cair seperti air dingin atau susu cair jangan dituang secara sekaligus. tuangkan sedikit demi sedikit untuk mengotorl kelenturan pada adonan tersebut.
Alat yang kedua yaitu oven, gunakan oven listrik atau gas dan panaskan oven terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum adonan siap untu dimasukkan supaya suhu oven benar – benar menjadi panas, karena suhu yang kurang panas menyebabkan roti manis tak bisa mengembang dan matangnya tidak sempurna.

Sebelum dibentuk ataupun dipanggang pastikan adonan itu benar – benar kalis, ciri – ciri adonan yang kalis adalah bila diambil adonan menjadi lentur, tidak melekat pada tangan kita. Dan pastikan adonan roti manis dapat mengembang secara sempurna sebelum kita masukkan ke oven.
Roti manis yang sudah matang dipanggang, jika memang tdak habis dimakan kita bungkus saja dengan menggunakan kantong plastik saja, dan bisa dibiarkan satu sampai dua hari tanpa bahan pengawet. Dan jika ingin tetap hahan lama simpanlah di freezer.

Semoga Bermanfaat.. :D

(Sumber: enitarahayu.wordpress.com)